Archive for April 2nd, 2008

Tiga tahun lalu saya pernah menjadi bahan lelucon di PSDI (sekarang USDI).

Ceritanya, saya berhasil mengajar EL3002 ke Unsyiah melalui satelit SoI dari ITB, live, selama satu semester penuh. Semua senang, mahasiswa, dosen, tim SoI, dan pendukung. Sampai saat ujian. Tidak satupun yang lulus! Wah harga diri saya sebagai dosen langsung “jatuh”.

Memang, mengikuti kuliah dan berhasil di ujian tidak selalu terkorelasi. It breaks my heart to see my dear faithful students, tidak pernah miss kelas, kemudian gagal di ujian.

Jadi ini nasehat saya. Gunakan Jurus Lima Langkah Travelling:

Selengkapnya…

Menjadi Ideal

Menjadi Ideal tidak selalu kita inginkan. Justru konsep menjadi ideal ini banyak membawa penderitaan. Karena konsep ideal ini datang dari bayang-bayang kita. Atau proyeksi orang pada kita. Karena ingin punya berat badan ideal, seseorang sampai harus dioperasi, minum obat.

Selengkapnya…

Keluarga Mahasiswa (KM) ITB punya hajatan besar Pemilihan Presiden Mahasiswa minggu ini. Biasanya saya tidak begitu aware tentang ini. Tapi minggu lalu ada baliho besar besar, dengan foto yang saya kenal. Wah, itu Shana…! Ia mahasiswi Teknik Industri, anggota tim kami untuk launching Experimental Digital TV dan Campus Channel di Agustus 2007 lalu.

Selengkapnya…

Anda pada bangun jam berapa di pagi hari…?

Sudah dua tahun ini saya selalu bangun sebelum matahari terbit. Padahal sejak mahasiswa, saya biasanya bangun di atas jam 8 pagi. Ternyata banyak sekali keuntungan bangun lebih pagi. In many ways, ini membuat saya lebih happy.

Selengkapnya…